Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang Adakan Talkshow Komunikasi Tiga Bidang

Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang Adakan Talkshow Komunikasi Tiga Bidang

PADANG-Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus (UKKPK) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Talkshow Komunikasi Tiga Bidang (KTB) dengan tema “Make it Better with Communication Skills”, pada tanggal 8 November 2020 secara virtual via zoom meeting. Acara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh UKKPK dan dikemas dengan berbeda pada tahun ini.

Acara ini dibuka langsung oleh Staff Ahli Wakil Rektor III UNP, yaitu bapak Wahidul Basri. Dalam pembukaannya beliau sangat mengapresiasi acara Talkshow Komunikasi Tiga Bidang yang diselenggarakan oleh UKKPK UNP dan beliau berharap dengan adanya acara ini semoga bermanfaat untuk kita semua.

Acara ini menghadirkan tiga pemateri yang berpengalaman di tiga bidang komunikasi, yaitu Diba Natasya di bidang MC, Bowo Sulaiman di bidang Radio, dan Agita Mahlika Bangun di bidang  Jurnalistik.Pemateri pertama, Diba Natasya yang merupakan seorang MC Profesional menyampaikan materi tentang perbedaan Host, MC, dan Moderator. Pada dasarnya, MC, Host, dan Moderator memiliki perbedaan, di mana perbedaan tersebut terletak pada penyampaiannya seiring berjalannya sebuah acara.

Pemateri kedua, yaitu Bowo Sulaiman menyampaiakan materi tentang menjadi penyiar radio itu keren.  Dalam pembicaraannya, beliau sedikit memaparkan sejarah singkat radio pertama kali di Universitas Negeri Padang, karena baginya, tanpa sejarah ia tidak bisa hadir saat ini. Ia juga melanjutkan “Siapapun bisa menjadi penyiar radio,namun yang membedakannya ialah penyiar yang standar, yaitu penyiar yang bisa melakukan siaran , tetapi tidak memiliki nilai tambah dan penyiar yang  spesial yaitu penyiar yang bisa melakukan siaran dan memiliki nilai tambah”.  

Pemateri ketiga, yaitu Agita Mahlika Bangun yang menyampaikan materi tentang menjadi seorang jurnalis. “Seorang jurnalis yang menyampaiakan berita kepada pendengar harus berbuat selayaknya bercerita, namun tetap berpedoman kepada aturan yang berlaku’’Ujar Agita.  Pada setiap akhir penyampaian materi, ketiga pemateri menyampaikan closing steatment kepada audience, “apapun cita – cita kalian, kalian pasti bisa” ujar Diba Natasya. “if you believe in yourself, anything is possible” ujar Bowo Sulaiman, dan Pemateri ketiga, yaitu Agita Mahlika Bangun “Tantangan adalah kesempatan untuk berjuang”. (rel/fy)