Ukur Kebugaran Fisik, Anggota Kodim 0305/Pasaman Ikuti Tes Samapta Periodik

Ukur Kebugaran Fisik, Anggota Kodim 0305/Pasaman Ikuti Tes Samapta Periodik
Melakukan kesegaran jasmani (Garjas) Samapta Periodik di lapangan Center Wira Yudha Makodim 0305/Pasaman

PASAMAN - Jajaran personil Korem 032/Wbr melakukan kesegaran jasmani (Garjas) Samapta Periodik di lapangan Center Wira Yudha Makodim 0305/Pasaman, Selasa (10/10/2020).

Tes Samapta merupakan program rutin, dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI AD, sehingga dalam menjalankan tugas pokoknya bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Pelaksanaan Samapta ini, meliputi Samapta A dan B. Samapta A yakni lari dengan jarak tempuh 3200 meter, dilanjutkan tes kesegaran B meliputi pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run selama 1 menit serta renang 50 meter yang dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan Covid-19.

Dalam pelaksanaan tersebut, personil terlebih dahulu dicek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan poskes dan dinas kesehatan kabupaten Pasaman, dilanjutkan dengan pengisian blangko Samapta serta mendapat pengawasan dari Tim.

Bajasrem 032/Wbr Serma Nurbianto menekan dalam pelaksanaan Samapta Periodik agar dilaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri. Serta tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid 19. Agar tetap menjaga jarak satu sama lain, dalam pelaksanaan Samapta ini dapat berjalan aman dan lancar.

"Samapta periodik ini dilaksanakan selama tiga hari (3) mulai tanggal 05 s/d 07 November 2020, untuk menguji kemampuan jasmani para prajurit TNI yang ada di Kodim 0305/Pasaman," kata Serma Nurbianto, Selasa (10/11/2020).

Tes Kesegaran Jasmani merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD dan sangat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat, maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainnya.