Tips Tetap Bugar Bekerja Di Era New Normal

Tips Tetap Bugar Bekerja Di Era New Normal
Foto : Deskripsi

BATUSANGKAR - Menurut Lembaga Biologi Molekuler atau LBM Eijkman, pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda akan usai. Seluruh dunia (termasuk Indonesia) masih berupaya menemukan vaksin sehingga belum bisa dipastikan kapan pandemi akan berakhir.

Sementara itu, berbagai sektor kehidupan mulai menunjukkan dampak pandemi, khususnya sektor ekonomi. Sehingga, dengan terpaksa kita diharuskan bisa beradaptasi dan hidup ‘berdampingan’ dengan virus ini. New Normal, begitu istilahnya atau bisa disebut dengan adaptasi kebiasaan baru.

Dalam menghadapi era new normal, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi masyarakat terutama bagi  pekerja yang harus kembali bekerja. Salah satunya yaitu harus beradaptasi dengan kebiasaan baru .

Dalam beradaptasi pastinya tidak mudah, karena ada beberapa proses penolakan terhadap kebiasan-kebiasaan baru yang harus dijalani. Selain itu, perlu juga disadari bahwa setiap orang butuh proses beradaptasi yang berbeda  tergantung dari persepsi dan kemampuan individu untuk menerima situasi. Ketika mereka tidak terbiasa dengan kondisi baru yang harus dihadapi, maka dapat menimbulkan stres.

Di era new normal ini pastinya harus tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah seperti :

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun dan di air mengalir
  2. Hindari menyentuh area wajah ketika tangan belum bersih
  3. Menerapkan etika batuk dan bersin ketika berada ditempat umum, kamu bisa menggunakan sapu tangan, tisu ataupun sebagainya
  4. Selalu menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah
  5. Selalu menerapkan jaga jarak minimal 1 meter dan hindari kerumunan
  6. Melakukan isolasi mandiri ketika merasa tidak sehat, seperti gejala demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sebagainya.

Ada bebarapa tips untuk menjaga kesehatan saat bekerja di era new normal :

Membawa alat-alat pribadi ketika bekerja

Dengan membawa alat pribadi sendiri, seperti peralatan makan, hand sanitizer, tissue, peralatan sholat maka akan meminimalisir terjadinya penularan penyakit kepada sesama rekan kerja.

Atur jarak tempat duduk

Setiap manajemen perusahaan diharapkan mengatur meja dan juga tempat duduk antar karyawan setidaknya 1 meter. Dengan menerapkan hal ini dapat menciptakan budaya psycal distancing antar karyawan.

Melakukan olahraga ringan pada saat jam istirahat

Hal ini dapat dilakukan sesama karyawan untuk melakukan olahraga kecil ditempat kerjanya, misalnya melakukan peregangan seusai bekerja di depan komputer agar badan tidak merasa kaku. Bisa juga berjemur dibawah sinar matahari pagi sebelum melanjutkan pekerjaan selanjutnya tetapi tetap menerapkan budaya psycal distancing.

Menggunakan masker saar bekerja

Tips ini harus dilakukan saat bekerja walaupun didalam atau diluar ruangan. Agar dapat meminimalisir terjadinya penularan virus corona ditempat kerja.