Rumah Kriya Botuang dilaunching, Di tengan Pandemi Kreativitas Masyarakat Terus Menggeliat

Rumah Kriya Botuang dilaunching, Di tengan Pandemi Kreativitas Masyarakat Terus Menggeliat
Launching Rumah Kriya Botuang di Bangkok Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Senin (5/10/2020).

PASBAR--Pemberdayaan masyarakat di tengah-tengah pandemi Covid-19 di harapakan terus meningkat dan jangan sampai berhenti. Agar roda perekonomian tetap berputar dan berjalan.

Hal ini disampaikan oleh Camat Talamau Nur Fauziah Zein, saat launching Rumah Kriya Botuang di Bangkok Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Senin (5/10/2020).
 
Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Nakertrans Provinsi Sumbar Nazrizal S.Sos M.Si dan Kepala DPMN Etris Dsem serta didampingi oleh Ketua KAN Talu Fadlan Maalip.

"Diharapkan setelah dilakukannya pelatihan terhadap peserta, ini juga bisa memberikan ilmu dan keterampilan kepada para pemuda lain, berkreasi mengembangkan ilmunya, dan membuat terobosan untuk mencari peluang kerja. Dan untuk tahap awal sudah kita hubungkan dengan buyer di Padang Panjang," kata Camat Talamau Nur Fauziah Zein.

Kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah setempat. Namun, ke depan pemerintah kabupaten Pasaman Barat  juga diharapakan dapat memberikan perhatian. 

"Kami berharap inisiatif KAN Talu ini mendapat respon dari Pemerintah yang lebih atas. Alhamdulillah dalam sambutan Kadisnakertrans hari ini akan ditindaklanjuti dengan pembangunan BLK Komunitas melalui APBN dengan syarat adanya penyerahan lahan seluas 0.5 ha," ungkap Nur Fauziah Zein.

Sementara, Kadis Nakertrans Provinsi Sumbar
Nazrizal S.Sos M.Si mengatakan bahwa kreatif masyarakat jangan sampai berhenti walau di tengah wabah pandemi perekonomian masyarakat harus tetap berjalan. Dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar, sehingga menghasilkan karya yang memiliki nilai jual tinggi. 

"Kita akan selalu mendukung kreativitas masyarakat. Dukungan kita akan lebih baik jika pemerintah daerah juga melakukan hal yang sama. Kita akan bangunkan Balai Latihan Kerja (BLK) kalau lahannya ada,"kata Nazrizal.

Penutupan kegiatan Lauching tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat pelatihan dan Peresmian Rumah Kriya Botuang dengan pemukulan pentungan bambu dan pembukaan selubung papan nama oleh Kadis Nakertrans Provinsi Sumbar, Kepala Dinas DPMN didampingi oleh Ketua KAN Talu, Camat Talamau Nur Fauziah Zein serta stakeholder terkait lainnya.

(nst)