Pemkab Pasaman Gelar Apel Besar Siaga Bencana

Pemkab Pasaman Gelar Apel Besar Siaga Bencana
Forkopimda mengecek satu persatu peralatan kesiapsiagaan bencana

PASAMAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman menggelar Apel besar dalam rangka kesiapsiagaan bencana kabupaten Pasaman dan Operasi Aman Nusa II 2020 yang diikuti unsur Forkopimda Pemerintah Kabupaten Pasaman, Polres Pasaman, Kodim 0305/Pasaman, BPBD, Damkar, Sat Pol-PP, Dinkes, Dinas PU, dan Dishub bertempat di halaman Kantor Bupati Pasaman, Selasa (10/11/2020).

Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Andriansyah mengatakan Apel Kesiapsiagaan Bencana khususnya di Kabupaten Pasaman untuk mempersiapkan diri dalam mengantisipasi bencana dari sisi personil dan peralatan yang dimiliki di seluruh instansi yang ada di wilayah Kabupaten Pasaman.

“Bencana tidak bisa diprediksi namun kita harus terus mempersiapkan penangangannya supaya kita nanti dapat lebih cepat dan lebih responsif sehingga bisa menjangkau semua” katanya.

Ia juga meminta kepada seluruh intansi untuk mengecek alat dan personil dan disinergikan dengan instansi lainnya.

"Juga kesiapsiagaan kerawanan kondisi-kondisi sosial dalam mengahadapi pilkada yang tidak bisa kita abaikan," pintarnya.

Lebih lanjut, kata dia, Apel Kesiapsiagaan seperti sedia payung sebelum hujan. Pihaknya sudah menyiapkan dari awal dari data yang didapatkan terdapat semua Kecamatan dari 12 Kecamatan yang dinilai rawan bencana seperti banjir, longsor dan dan daerah padat penduduk rawan bencana kebakaran.

“Sudah kami antisipasi dan petakan seperti pengalaman di daerah kecamatan sekitarnya,” ujarnya.

Usai apel, Forkopimda mengecek satu persatu peralatan yang digunakan untuk penanganan bencana untuk memastikan semuanya dalam keadaan siap pakai.