Pemda Pasaman MoU Balai Riset Pemuliaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Pemda Pasaman MoU Balai Riset Pemuliaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

PASAMAN - Pemda Pasaman melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Riset Pemuliaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Rabu (11/11/2020).

Kepala Balai Riset Pemuliaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Drs.Suharyanto, MP dalam pemaparanya menjelaskan tentang profil, struktur, tugas pokok dan fungsi dari Balai Riset sedangkan DR.Didik Harianto, SP, M.Si Ahli Madya dari Balai Riset memaparkan teknis pembudidayaan ikan mas Hybrida.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, dalam sambutanya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pasaman kepada Ketua rombongan Drs.Suharyanto, MP beserta Tim Balai Riset dan Pemuliaan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Kabupaten Pasaman merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki potensi perikanan budidaya air tawar dengan luas lahan budidaya 4.440 Ha dengan produksi 51.827,52 Ton, danIni bisa dikatakan lahan terluas budidaya ikan air tawar di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, Usaha budidaya ikan sudah sangat lama digeluti oleh masyarakat dan merupakan usaha yang turun temurun di kecamatan yang menjadi minapolitan, yaitu kecamatan Rao dan Rao Selatan dengan jumlah pembudidaya sebanyak 9.050 orang.

“untuk mendapatkan benih unggul dibutuhkan indukan yang unggul," ungkapnya.