Korwil IMI Pasaman Serius Siapkan Atlet Terbaik Hadapi di Porprov 2021

Korwil IMI Pasaman Serius Siapkan Atlet Terbaik Hadapi di Porprov 2021

PASAMAN - Para pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Koordinator Wilayah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat tengah serius terkonsentrasi dalam menyiapkan atlet terbaik yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2021 mendatang.

Ketua Korwil IMI Pasaman, Anggi S Utama mengatakan pihaknya tengah memantapkan persiapan para atlet cabang olahraga (cabor) balap motor untuk mengharumkan nama daerah setempat.

"Kita saat ini tengah mengintensifkan penempaan atlet lewat seleksi terbuka bagi Putra-Putri terbaik Pasaman untuk semua kelas balap yang nanti akan dijadikan atlet pada Porprov 2021 mendatang. Untuk perdana hari Sabtu-Minggu (31 Oktober-1 November 2020) ini sudah kita seleksi sebayak 10 atlet di Terminal Benteng Lubuksikaping," terang Ketua Korwil IMI Pasaman, Anggi S Utama disela-sela seleksi atlet di lapangan Terminal Benteng Lubuksikaping, Minggu (1/11/2020) kemarin.

Anggi S Utama mengatakan seleksi terbuka ini masih terus diperpanjang sampai pihaknya menemukan atlet yang bertalenta di balap motor tersebut.

"Ini untuk tahap pertama dan dikuti 10 peserta. Nanti akan kami ambil untuk atlet yang akan ditempa pelatihannya di IMI Pasaman. Namun seleksi ini masih terbuka untuk putra-putri terbaik Pasaman. Mari salurkan bakat dan hobbynya di IMI Pasaman sebagai atlet balap motor," tambahnya.

IMI Pasaman kata dia akan bekerja keras semaksimal mungkin agar bisa melahirkan atlet bertalenta sehingga bisa menorehkan prestasi di Porprov 2021 mendatang.

"Pasaman terakhir meraih medali perak pada cabor balap motor di Porprov Sumbar tahun 2016 lalu. Setelah itu jangankan prestasi, semangat dan gairah cabor balap motor mulai agak berkurang di Pasaman. Jadi kedepan kita ingin melahirkan atlet yang bisa tampail bukan hanya di Porprov, tapi kancah Nasional," harapnya.

Sekretaris Korwil IMI Pasaman, Donal Alfian mengatakan komitmen itu bukan hanya sekedar melakukan persiapan ajang Porprov. Namun pihaknya juga bakal mendirikan sekolah balap motor pertama di Sumbar untuk menempa calob pembalap motor diaerah setempat.

"Alhamdulillah berkat semangat kawan-kawan IMI Pasaman dan didukung oleh teman-teman di Provinsi Sumbar kita bakal mendirikan sekolah balap pertama dengan nama Yenidho Racing Shcool (YRS) di Pasaman. Dengan hadirnya Yenidho Racing School (YRS) yang siap melahirkan pembalap-pembalap berkualitas," terang Donal Alfian juga mantan pebalap motor Nasional asal Sumbar.

YRS sendiri kata Donal merupakan sekolah balap yang disiapkan sebagai wadah untuk membina putra-putri terbaik Pasaman kedepan.

"Selama ini belum ada pembalap asal Pasaman yang mampu bicara banyak pada iven daerah bahkan Nasional. Kondisi tersebut sangat memprihatinkan, para pengurus cabor balap motor Pasaman harus memberikan gebrakan agar potensi pembalap bisa tersalurkan," tambahnya.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Pasaman Fraksi Gerindra, Rahmi Wahidah yang juga menjabat sebagai bendahara di Koodinator Wilayah IMI Pasaman dan Pengurus IMI Sumbar mengatakan dengan semangat dan kebersamaan ini bisa didukung oleh berbagai pihak pemangku pemerintah didaerah setempat.

"Untuk saat ini kita bekerja seadanya dan semampunya dengan dana kami bersama pengurus. Kita berharap pemerintah daerah turut memperhatikan ini. Sebab ke depan akan dimunculkan pembalap profesional yang memiliki potensi dan karakter, bahkan kalau bisa bertarung di iven internasional dari IMI Pasaman," ungkap Rahmi Wahidah.

Rahmi Wahidah menambahkan untuk pembinaan calon atlet akan dilatih di lokasi GOR Tuanku RAO dan Terminal Pasar Benteng, setiap Sabtu dan Minggu.

"Untuk itu kami imbau kepada putra-putri terbaik Pasaman yang memiliki talenta dibidang balap motor untuk mendaftarkan diri. Jangan hanya suka balap liar yang jelas mengganggu lalu lintas dan lingkungan masyarakat. Mari salurkan hobbymu itu di arena balap motor ini," tambah Rahmi.

Rahmi Wahidah sangat menekankan pembinaan mental dan karakter bagi para atlet secara kepribadiannya dalam ajang tersebut.

"Sebab kita ingin melahirkan atlet-atlet yang berkarakter, santun dan bermartabat. Sebab generasi millenial ini harus kita bina dengan kegiatan positif. Jangan memakai narkoba, balap liar, premanisme, dan lainnya. Sehingga kita harapkan generasi muda kedepan bisa lebih terarah dan sukses dibidangnya," katanya.

Rahmi Wahidah juga memberikan bantuan moril maupun materil demi kelangsungan penjaringan atlet untk Porprov ini.

"Untuk Porprov Sumbar 2021 mendatang, kita memasang target untuk meraih dua medali emas. Makanya para atlet kita tempa dengan sangat serius agar bisa tampil maksimal di Porprov mendatang. Untuk itu kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar semua ini terwujud," tutupnya.