Kisah Inspiratif Rian Bertarung Melawan Corona

Kisah Inspiratif Rian Bertarung Melawan Corona
Foto : Rian Tanjung Dok.

TANAH DATAR - Dikutib dari berbagai sumber World Health Organization (WHO) menenangkan publik dengan menyebut mayoritas pasien Virus Corona (Covid-19) bisa sembuh. Pada pertengahan Maret 2020 lalu sebanyak  69.607 pasien Virus Corona di seluruh dunia dinyatakan sembuh.

"Kita harus ingat bahwa dengan aksi tegas dan dini, kita bisa memperlambat virus dan mencegah infeksi. Di antara mereka yang terinfeksi, mayoritas akan sembuh," kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa

Apa yang disampaikan oleh WHO benar adanya. Sebab, ada banyak pasien terpapar Virus Corona yang dinyatakan sembuh. Beberapa pasien yang dinyatakan sembuh merupakan bukti bahwa kita semua bisa sehat dan menjalankan aktivitas seperti sedia kala.

Salah satunya Rian Tanjung (29) tahun seorang pria warga Jorong Balai Labuah Bawah, No 17, Nagari Limo Kaum, Kec. Limo Kaum, Kab. Tanah Datar. Ia berhasil pulih sepenuhnya dari Virus Corona, kesembuhan Rian menjadikan harapan bagi para pasien yang masih berjuang.

Rian memiliki pengalaman yang relatif ringan melawan Virus Corona COVID-19. Ia hanya merawat diri sendiri dalam rumahnya.

Rian mengungkapkan bagaimana dia pertama kali mulai mengalami gejala mirip flu dan demam pada 07 Oktober lalu. Dia merasakan demam bersamaan dengan hilangnya kepekaan indra penciumannya.

Kwatir dengan kondisinya kesehatannya, Rian yang bekerja dibagian Humas Protokoler Pemkab Tanah Datar lalu menghubungi dr. Yesrita kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, mendengar keluhan Rian, dr. Yesrita lalu menginstruksikan tenaga kesehatan dari jajarannya untuk melakukan tes Swab terhadap Rian.

Hasil Swab Rian dinyatakan positif Covid-19, setelah hasil pemeriksaan real-time PCR yang dilakukan sebanyak 4 kali serta menjalani perawatan intensif selama 20 hari di kediamannya, akhirnya Rian bisa bernapas lega karena fase-fase kritis berhasil ia dilalui. Dukungan orang-orang di sekitarnya sangat membantu proses penyembuhan.

Rian, yang telah merasa lebih baik selama seminggu terakhir, mulai beraktivitas. Namun, ia masih menghindari pertemuan dengan dengan orang lain termasuk keluarga sendiri dan memutuskan bekerja dari dalam kamar rumahnya.

Setelah dinyatakan sembuh dari virus corona, Rian  menyampaikan beberapa pesan teruntuk pasien yang terpapar dan masyarakat di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tanah Datar.

Pertama, untuk pasien terinfeksi virus corona, jangan merasa khawatir jika nantinya akan dikucilkan oleh orang lain. Pasalnya, virus corona bukan hanya terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Datar saja, bahkan di seluruh dunia merasakannya.

"Saya meminta pada masyarakat tidak mengucilkan tapi sebaliknya memberikan dukungan semangat kepada pasien positif virus corona," ucap Rian saat dihubungi indonesiasatu.id melalui sambungan telepon, Rabu (27/10).

Ia pun mengatakan bahwa seseorang yang terinfeksi virus corona itu bukan merupakan sebuah aib melainkan harus diberikan dukungan moral agar pasien tersebut tetap semangat. Rian menjelaskan faktor yang membuat dirinya sembuh dari virus corona, selain mendapatkan perawatan serta pengobatan dari tenaga medis adalah karena kondisi psikis.

"Kita harus tetap berpikir positif meski sudah dinyatakan terinfeksi positif. Itu bisa meningkatkan imun serta salah satu kunci keberhasilan melawan virus corona," kata anak ke 2 dari 5 bersaudara itu.

Agar tidak tertular, tambah Rian, dibutuhkan pola hidup yang sehat serta imunitas yang kuat dengan cara makan teratur dan asupan nutrisi. Saat ini, Rian  masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan diawasi petugas kesehatan dari Puskesmas, jika ada keluhan secepatnya akan ditanggapi.

Ia menimpali lagi mengikuti anjuran pemerintah untuk hidup sehat dan bersih lingkungan, saling menjaga jarak dan tetap di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. (JH)