Kapolda Akhirnya Copot Kapolsek Yang Terlibat Penggelapan BBM

Kapolda Akhirnya Copot Kapolsek Yang Terlibat Penggelapan BBM
Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Toni Harmanto, S. Ik

TANAH DATAR - Oknum Kapolsek dari jajaran Polres Tanah Datar berpangkat Inspektur Polisi Satu (Iptu) dengan inisial A yang diduga terlibat tindak pidana penggelapan Bahan Bakar Minyak (BBM) operasional Polres Tanah Datar resmi dicopot dari jabatannya terhitung Selasa (06/10).

Hal itu disampaikan Kapolda Sumatera Barat Irjen. Pol. Toni Harmanto, S. Ik melalui Surat Telegram Kapolda Sumbar No. ST/1172/X/KEP/2020 pada tanggal 06 Oktober 2020. Dalam telegramnya yang diterima indonesiasatu.id Kapolda menyampaikan Iptu A dimutasi dari jabatan Kapolsek ke bagian administrasi salah satu jajaran Polres Tanah Datar dalam rangka pemeriksaan.

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.Ik melalui selulernya membenarkan mutasi Iptu A dalam rangka pemeriksaan.

"Dalam TR (telegram rahasia) -nya Bapak Kapolda kan jelas bahwa yang bersangkutan dimutasi dalam rangka pemeriksaan", terangnya, Rabu (07/10) kepada indonesiasatu.id.

Satake menambahkan bahwa untuk pemeriksaan Iptu A terkait pelanggaran kode etik dan etika Polri akan dilakukan setelah adanya putusan pengadilan yang berkuatan tetap (incraht).

"Untuk pidananya sudah kita limpahkan ke Kejaksaan, kalau untuk kode etiknya tentu menunggu putusan incraht karena kita menganut azas praduga tak bersalah", tutupnya. (JH)