Grup Randai Gombang Alam Kota Solok Peringkat 5 Terbaik Sumatera Barat

Grup Randai Gombang Alam Kota Solok Peringkat 5 Terbaik Sumatera Barat

SOLOK KOTA -   Grup Randai Gombang Alam Kota Solok meraih prestasi masuk dalam peringkat 5 (lima) terbaik dalam Festival Randai se-Sumatera Barat, yang dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 19 September 2020, bertempat di Taman Budaya Kota Padang.

Sekitar 80 lebih grup randai dari seluruh daerah se Sumatera Barat ikut serta dalam festival randai yang merupakan agenda kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat itu. Dari 80 grup itu, setelah diseleksi secara online oleh kurator Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, terpilih 15 grup randai termasuk Grup Randai Gombang Alam dari Kota Solok yang tampil di ajang festival tersebut.

Dalam Festival Randai tahun 2020 ini, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan dengan baik, dengan para juri profesional yang terdiri dari pihak Dinas Kebudayaan, Praktisi Sastra dan juga ISI Padang Panjang.

Adapun Grup Randai yang masuk 5 terbaik adalah Sanggar Puti Elok dari Payakumbuh, Sanggar Bungo Satangkai dari Kab. 50 Kota, Alang Babega dari Kota Sawahlunto, Alang bangkeh dari Padang Panjang dan Gombang Alam dari Kota Solok.

Grup Gombang Alam di bawah binaan Carles Saputra mempersiapkan diri dengan melaksanakan latihan setiap hari agar bisa tampil semaksimal mungkin. Meurut Carles, sekitar 28 anggota grup yang ikut latihan dan 22 orang anggota dibawa untuk tampil ke Festival Randai.

“Alhamdulillah grup Randai kami Gombang Alam dapat tampil maksimal saat tampil dalam Festival Randai ini, setelah lolos seleksi kurasi awal dan kami masuk 15 besar kami langsung mempersiapkan diri sematang mungkin, dan latihan setiap malam,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam proses latihan dan penampilan di ajang festival itu, tetap melaksanakan protokoler kesehatan seperti yang telah ditetapkan oleh pihak panitia.

“Saat tampil kami membawakan Naskah dengan judul Gombang Alam Sari Ameh tentang percintaan yang ditentang orang tua. Alhamdulillah kita masuk lima terbaik se-Sumbar walaupun kita dengan biaya sendiri dari persiapan sampai kami mendapat lima terbaik dan membawa nama Kota Solok dengan sukses. Prestasi ini sangat kita syukuri, ini membuktikan kalau usaha kita selama ini membuahkan hasil yang baik. Kedepannya Gombang Alam Kota Solok diharapkan terus berprestasi dalam ajang-ajang serupa untuk menjaga dan melestarikan seni budaya Minangkabau khususnya Randai,” ungkap Carles Saputra.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Solok Reinier,ST,MM mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Grup Randai Gombang Alam Kota Solok, serta ungkapan terima kasih karena telah membawa dan mengharumkan nama daerah yang mengusung Kota Beras Serambi Madinah itu.

Kedepan, dikatakan Reinier, potensi-potensi anak muda yang seperti ini patut untuk diapresiasi dan dibina oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait.

"Tetap semangat untuk memberikan yang terbaik untuk Kota yang kita cintai ini," pinta Reinier.    (JS/Amel)