Gedung Baru Puskesmas Kuamang Selesai Sesuai Target

Gedung Baru Puskesmas Kuamang Selesai Sesuai Target

PASAMAN - Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 di Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mendapatkan sebesar Rp 15,8 miliar, yang terdiri dari DAK fisik dan non fisik.

Pembangunan prasana penambahan gedung/ruangan baru Puskesmas Kuamang Kecamatan Panti dengan pagu dana sebesar Rp4,1 miliar dan pembangunan dua unit rumah dinas bagi tenaga kesehatan di kecamatan Simpati dengan dana sebesar Rp600 juta rupiah. 

Sedangkan kegiatan DAK non fisik sebesar Rp11 miliar dengan rincian, pengadaan Alat kesehatan (Alkes) dan bahan medis abis pakai (BMAP) sebesar Rp9 miliar. Serta pengadaan obat-obatan sebesar Rp2 miliar.

"Untuk pembangunan fisik, semua proyek sudah mulai dikerjakan," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Rahardian Suryanta Lubis didampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan, Risno Hendra Putra di Lubuksikaping, Senin (02/11/2020).

Kata Rahardian, pihaknya memang kejar untuk progres penyerapan anggaran DAK fisik. Semua proyek saat ini tengah berjalan, yang mulai dikerjakan pada bulan Juli 2020 lalu. 

"Jika penyerapannya tidak sesuai target, untuk tahun berikutnya dana DAK Pasaman akan menurun lagi,” kata Rahardian.

Kabid Sumber Daya Kesehatan, Risno Hendra Putra menjelaskan, untuk pembangunan puskesmas rawat jalan di Kuamang itu dibangun dengan konstruksi dua lantai. Saat ini bobotnya sudah mencapai 50 parsen. 

"Konstruksi bangunan puskesmas harus disesuaikan dengan lahan yang ada, dengan kontruksi bangunan keatas atau bertingkat karna lahan terbatas," katanya.

Dia berharap pembangunan proyek Puskesmas dan rumah dinas tenaga kerja dengan mengunakan DAK tahun ini bisa selesai tepat waktu dengan kualitas yang baik, agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga bisa lebih baik.

“Kami targetkan nanti pada 20 Desember 2020 nanti, semua proyek DAK sudah selesai, agar pemanfaatannya juga bisa dilakukan segera," ungkapnya.